Laman

Selasa, 08 Desember 2015

Daftar Handphone yang Bisa Menggunakan Google Cardboard Dan Cara Mendeteksinya

Info pemesanan : 0878 8013 6089

Bagaimana dimulainya proyek Google Cardboard?
David Coz dan Damien Henry di Google Cultural Institute di Paris membangun sebuah kotak cardboard untuk smartphone sebagai prototipe untuk Virtual Reality. Hasilnya menimbulkan begitu banyak “ooh” dan “aah” yang menginspirasi mereka untuk mengenalkannya ke khalayak yang lebih luas.


Apakah carboard bisa digunakan dengan handphone saya?
Google Cardboard dapat digunakan bersama kebanyakan ponsel Android modern, termasuk Iphone juga bisa. Handphone harus menjalankan Android 4.1 (Jelly Bean) atau ke atas.
Iphone 5/5S dengan layar 4″ juga bisa, hanya saja memang FOV (field of view) terbatas. Layar yang lebih besar lebih baik yaitu antara 4.5″ s/d 6″.
Selain itu handphone harus memiliki fitur sensor Accelorometer dan Gyroscope. Untuk mengetahuinya anda bisa mencarinya secara online. Kadang ada aplikasi yang bisa jalan cukup baik hanya dengan Accelorometer, tetapi kebanyakan membutuhkan Gyroscope.
Lebih detail terkait daftar handphone yang bisa menggunakan Google Cardboad dan aplikasi untuk mendeteksi kompatibilitas.

Dapatkah saya menggunakan cardboard, saya memakai kacamata?
Iya bisa. Anda bisa memotong kedua sisi dari cardboard untuk menyesuaikan keberadaan kacamata.

Bagaimana memastikan handphone saya bisa digunakan dengan google cardboard ?
Sebelum membeli google cardboard, coba cari aplikasi VR di Play Store (Android) atau App Store (iOS) dengan menggunakan kata kunci “cardboard” atau “virtual reality”. Download dan jalankan. Jika bisa tampil full dengan layar dibagi dua, berarti bisa digunakan. Coba putar handphone 360 derajat, jika aplikasi bisa menyesuaikan berarti handphone sangat siap digunakan VR.
Lebih detail terkait daftar handphone yang bisa menggunakan Google Cardboad dan aplikasi untuk mendeteksi kompatibilitas. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan install aplikasi EZE VR dari Play Store.

Apa gunanya magnet ?
Magnet bisa digunakan sebagai perintah “klik” atau “menembak” dalam aplikasi VR. Ketika Anda menarik dan melepaskan cincin, magnetometer ponsel Anda mendeteksi perubahan medan magnet.
Dan tidak semua handphone akan mampu mendeteksi tarikan magnet. Anda dapat menggunakan cardboard tanpa magnet dan masih mampu merasakan pengalaman virtual reality dengan cukup baik.

Apa guna tag NFC ?
NFC digunakan untuk memicu peluncuran aplikasi Cardboard Android secara otomatis. Handphone yang tidak support NFC dapat memulai aplikasi cardboard secara manual sebelum meletakkan handphone pada cardboard.

Bagaimana cara kerja Cardboard ?
Skema Headset Virtual Reality seperti Google Cardboard
Pada dasarnya dua lensa biconvex 25mm dengan focal 45mm akan memfokuskan pandangan mata ke layar handphone dan pandangan mata dipenuhi oleh apa yang aplikasi VR tampilkan di layar handphone. Jika kepala kita bergerak menoleh atau mendongak, sensor akan menyesuaikan tampilkan layar, sehingga seakan-akan kita berada di dalam aplikasi VR tersebut.

Saya penasaran tapi ragu untuk membeli, bagaimana rasanya sih menggunakan Cardboard ?
Rasanya tentu tidak seperti Oculus Rift yang mampu menghadirkan (presence) dan membenamkan (immerse) penggunanya (secara literal) ke dalam dunia virtual. Tetapi hampir semua yang telah memakai google cardboard selalu berkata “ooh .. waah …” terutama saat aplikasi VR-nya bagus seperti Titan of Space. Bahkan tak jarang menjerit jika aplikasinya yang dijalankan seperti roller coaster atau yang serem-serem.

Daftar handphone yang dipastikan kompatibel penuh dengan Google Cardboard adalah sebagai berikut:
Apple iPhone 4, 4S, 5, 5C, 5S, 6, 6+
Google/LG Nexus 4, 5, 7
HTC Evo 3D, One (Mini, S, X, X+), Sensation, Sensation XE, Velocity 4G, Sensation XL
Huawei Ascend G 615, Ascend P1, Ascend X (U9000), Honor (U8860)
iOcean X7
LG G4, G3, G2, Optimus 3D Max (P720), Optimus 4X HD (P880), Optimus G (E975), Optimus G Pro, P940 Prada 3, Nitro HD (P930), Optimus 2x (P990), Optimus 3D (P920), Optimus Black (P970), Optimus G, G Pro, G Flex, G Flex 2
Samsung Aktiv S, Galaxy (Beam, S2, S3, S3 Mini), S4 (Active, Mini), S5, S6, S6 Edge, Galaxy R (i9103), Google Nexus S (i9020), Galaxy Nexus (i9250), Galaxy Note (n7000), Galaxy Note 2, Note 3, Note 4, Galaxy Note Edge, Grand, Alpha
Sony Xperia S, SP, T2, T3, Z1, Z2,  Z3, Z3+, P
Xiaomi/Mi Redmi 1S, Redmi Note,Redmi 2, Mi4i, Mi 4, Mi 3
Amazon fire
Droid Maxx/Ultra, Turbo
Apple iPhone 5, Iphone 6, 6+
Motorola Moto G 2014, Moto X 2014
OnePlus One
Oppo Find 7
Asus Zenfone 2, Zenfone 6, Zenfone Selfie
Lenovo Vibe Z2, K3 Note
Nokia Lumia 735, 830, 930, 1520
Sekali lagi daftar di atas bukan final, bisa terus bertambah atau memang masih kurang lengkap. Untuk itu mohon bantuan dari pengunjung jika memiliki handphone yang belum terdaftar di atas dan bisa full compatible dengan Google Cardboard silahkan tinggalkan komen di bawah agar saya update.

Cara lain untuk mendeteksi kecocokan dengan Google Cardboard adalah dengan melakukan install aplikasi Carboard Compatible Phone VR. Kami sendiri belum pernah mencoba, tapi tidak ada salahnya dicoba toh gratis. Atau cara lain tinggal install saja aplikasi Google Cardboard atau aplikasi lainnya yang mendukung VR, kemudian jalankan dan putar handphone 360 derajat untuk memastikan handphone bisa tracking putaran.

Update : Aplikasi untuk mendeteksi gyroscope adalah EZE VR di Google Play Store. Silahkan coba.
Beberapa link 360° Video yang dapat kamu tonton:
https://youtu.be/BNqW6uE-Q_o
https://youtu.be/Js_Jv5EzOv0
https://youtu.be/8lsB-P8nGSM
https://youtu.be/82zbsjFA_7c
https://youtu.be/NeMos0bUp8M
https://youtu.be/T-aOVE22lEw

Sumber :
http://cardboard-id.com/daftar-handphone-yang-bisa-menggunakan-google-cardboard-dan-cara-mendeteksinya
http://cardboard-id.com/faq-pertanyaan-umum-tentang-google-cardboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar