Laman

Kamis, 10 Oktober 2013

Deskripsi Hewan dan Tumbuhan



Deskripsi Hewan dan Tumbuhan

A.    HEWAN
1.      Gajah
Hewan ini mempunyai tubuh yang besar, berkaki empat, berkulit tebal, warna kulitnya abu-abu dan putih, dan satu-satunya hewan yang mempunyai belalai. Hewan ini merupakan hewan mamalia darat terbesar di dunia. Berat hewan ini pada masa anak-anak  umumnya mencapai 120kg. Hewan ini termasuk
hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Pernyebaran hewan ini di Asia meliputi India, Asia Tenggara termasuk Indonesia bagian barat dan Sabah (Malaysia Timur).Sedangkan di Afrika pernyebarannya meliputi sebagian besar daratan Afrika yang berupa padang rumput. Di Indonesia, hewan ini terdapat di Sumatera dan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

2.      Jerapah
Hewan ini mempunyai leher yang panjang, berkaki empat, dan merupakan hewan mamalia darat tertinggi di dunia. Hewan ini dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Hewan ini termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Habitat aslinya melingkupi area dari Chad sampai dengan Afrika Selatan.







3.      Kepiting 
Hewan ini mempunyai lima pasang kaki, berwarna merah dan dilengkapi dengan dua capit yang digunakan untuk melindungi diri dari ancaman. Hewan ini banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai makanan, bahkan sebagai salah satu makanan favorit di restaurant seafood. Tubuhnya dilapisi cangkang yang keras. Hewan ini terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. 



4.      Lebah


Hewan ini merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok. ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Hewan ini membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Ia memakan nektar bunga dan serbuk sari. Hewan ini dapat menghasilkan madu yang sukai banyak hewan terutama manusia. ia sering menggunakan sengatan ekornya saat merasa terganggu. 



5.      Pinguin
Hewan ini merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum terdapat di  daerah dingin (kutub). Hewan ini memakan ikan, cumi-cumi, dan hewan air lainnya yang ia dapat saat berenang di laut. Hewan ini mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27km/jam. Untuk menghemat energi, kadang-kadang ia berjalan dengan kaki pendeknya atau meluncur di salju dengan perutnya.





6.      Monyet
Termasuk golongan primata, makanan ciri khasnya adalah pisang , namanya sering disebut dan disalah gunakan oleh manusia dalam pertengkaran, dia sangat suka dengan kutu, dan postur tubuhnya kecil dan mempunyai ekor yang cukup panjang, ia mempunyai bulu di hampir seluruh tubuhnya, ia juga biasa hidup berkelompok, ia mempunyai bentuk tubuh yang sedikit mirip dengan manusia yaitu mempunyai tangan dan kaki.



7.      Ular
Termasuk golongan reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka tutup. Akan tetapi untuk kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnya Ophisaurus spp.) perbedaan ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan.

8.      Harimau atau Macan
Tergolong dalam kerajaan dalam filum kordata (mempunyai saraf tulang belakang), sub-filum vertebrata (bertulang belakang), kelas mamalia (berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu), pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, spesies tigris (harimau).ia sejenis kucingnamun besar dari spesiesnya, lebih besar dari sang raja hutan singa. biasanya ia memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, kijang, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, ia berbeda dengan kucing biasa yang kecil, ia sangat suka berenang, hidup bebas dan liar, biasanya manusia panik jika bertemu dengannya karna terkenal suka memakan manusia juga.

9.      Tikus
Ia berbadan kecil dan mempunyai 4 kaki, ia biasa hidup di tempat yang kotor, contohnya di aliran air di sekitar perumahan , ia ada yg berwarna putih , hitam , abu abu dll, makanan kesukaan yang menjadi ciri khasnya yaitu keju, ia mempunyai buntut, ada juga orang yg mengembang biakannya untuk makanan ular, biasanya yg di gunakan yg warna putih, ia mempunyai kembaran spesies bernama hamster namun hamster banyak di pelihara oleh manusia karena bentuknya yang unik dan lucu, iya juga terkenal dalam serial kartun tom and jerry, ia berperan menjadi jerry.

10.  Semut 
Termasuk kedalam kelas serangga. Mempunyai 3 bagian badan, yaitu kepala, dada, dan ekor. Mempunyai sifat disiplin, kompak, pekerja keras, dan setia. Memiliki tubuh yang tidak besar.






11.  Kura-Kura 
Termasuk kedalam jenis reptile, dapat hidup di berbagai tempat. Tidak memiliki gigi tetapi menggunakan rahangnya untuk memotong dan mengunyah makanan . Ukuran  tubuh ada yang kecil ada yang besar. Bersifat omnivora. Tidak beranak. Memiliki tempurung untuk melindungi diri dari lawan.



12.  Panda
Seekor mamalia yang cukup besar yang mirip boneka yang hidup. Termasuk spesies yang terancam punah karena tingkat kelahiran yang sangat rendah. Telinganya bergerak-gerak saat mengunyah makanan. Memiliki cakar. Kulitnya berwarna hitam dan putih. Disekitar matanya terdapat bulatan berwarna hitam. Hewan ini termasuk keluarga beruang. Pemakan jenis omnivora tetapi sebagian besar adalah tumbuh-tumbuhan dan hampir hanya bambu saja. Hewan ini menjadi semacam lambang di negara Tiongkok dan menjadi lambang World Wildlife Fund (WWF) atau yang disebut organisasi pelestarian alam.

13.  Kakatua  
Memiliki jambul seperti mahkota di ubun-ubun kepalanya,jambulnya bisa ditegakkan jika hewan ini merasa takut ataupu senang. Memiliki bulu yang cantik. Warna bulunya dan warna jambulnya bermacam-macam tergantung spesiesnya. Bentuk kakinya mempunyai susunan jari kaki yang bersilangan. Dengan begitu, ia dapat memegang, mencengkram dan memanjat. Burung ini mempunyai paruh bengkok dan kuat. Lidahnya menyerupai kubus, bersifat lentur. Umumnya mereka berusia panjang mencapai 60 tahun. Spesies ini termasuk salah satu burung yang mempunyai kecerdasan yang cukup bagus. Merupakan jenis hewan peliharaan yang banyak digemari karena perilakunya yang khas, lucu, dan riang, dan dapat dilatih untuk menirukan suara manusia dengan lengkingan yang cukup nyaring.

14.  Cicak
Hewan yang dapat merayap di dinding tanpa terpeleset karena memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. kemampuan memutuskan ekornya, Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Untuk memperoleh makanan, ia mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.

15.  Bebek
Adapun ciri khusus yang dimilikinya untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya ia mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulunya dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat ia sampai di darat ia hanya tinggal mengibas ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulutubuh bebek.Kaki yang berselaput di antara jari kakinya, Jika kita perhatikan, ia dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

16.  Unta
Hewan yang merupakan salah satu “makhluk hidup istimewa”. Hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan baginya bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan.unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari. Bulu matanya memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup.Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata.Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir.a juga memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuknya menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Dengan demikian, ia dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air. Kakinya memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus “diciptakan” untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kakinya memiliki telapak yang luas dan menggembung.Kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.

17.  Anjing

Hewan ini merupakan hewan pemangsa. Biasa ‘menggong-gong’ jika sesuatu terjadi, berteman dengan manusia, hewan yang pintar diantara hewan lain di Klasifikasi ke dalam ordo karnivora tidak berarti anjing harus makan daging melulu memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik-cabik musuh / makanan mata anjing lebih sensitif terhadap cahaya dan gerakan dibandingkan mata manusia.

18.  Kelelawar
Hewan ini merupakan hewan  malam  karena  mereka memulai aktifitasnya pada saat malam hari. Hewan ini tergolong mamalia yang dapat terbang. Alat terbangnya berupa kulit tipis yang terbentang dari kaki depan hingga kaki belakang, dan jari-jarinya juga dihubungkan oleh selaput terbang. Makanan hewan ini ada yang berupa serangga, dan ada yang buah-buahan, tetapi ada pula yang menghisap darah.Hewan dapat memancarkan atau mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) yang dikeluarkan dari mulut dan hidungnya. Lalu suara atau  bunyi yang telah dikeluarkan, akan dipantulkan ke benda-benda apa saja yang berada disekitarnya, dan melalui bunyi gema itulah, hewan ini dapat terbang dimalam hari tanpa menabrak rintangan yang menghalanginya. Dan juga melalui gema tersebut, hewan ini dapat mengetahui jarak dari makanan dan letaknya.




B.     TUMBUHAN 
1.      Wortel
Tumbuhan ini berwarna orange, ia tumbuh di dalam tanah. Biasanya ditanam di daerah dataran rendah. Tanaman ini termasuk sayuran. Sayuran ini mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kaya asam lemak esensial yang berfungsi untuk membantu  menjaga kelembapan rambut. Ia juga dapat diolah sebagai bahan makanan misalnya sup. Sayuran ini sangat digemari oleh kelinci.







2.      Pohon Singkong

Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai bahan pengganti makanan pokok karena mengandung karbohidrat. Tumbuhan ini termasuk umbi-umbian. Daun dan buahnya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Daunnya dapat diolah menjadi sayur atau lalapan, sedangkan buahnya dapat diolah menjadi combro, kripik, gorengan, dll.








3.      Pohon pisang
Tumbuhan ini berkembang biak dengan tunas. Buahnya berwarna hijau dan kuning, rasanya manis. Buah ini mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang juga mengandung potasium dan Vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kelebihan cairan dalam tubuh. Buah ini juga biasanya diolah menjadi kripik. Monyet sangat menyukai buah ini. Daunnya dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan contohnya pepes.





4.      Jahe
Tumbuhan ini  merupakan rempah-rempah Indonesia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang kesehatan. Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu dan termasuk dalam suku temu-temuan. Tumbuhan ini berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Ia juga suatu tanaman rumput - rumputan tegak dengan ketinggian 30 -75 cm, berdaun sempit memanjang menyerupai pita, dengan panjang 15 – 23 cm, lebar lebih kurang dua koma lima sentimeter, tersusun teratur dua baris berseling, berwarna hijau bunganya kuning kehijauan dengan bibir bunga ungu gelap berbintik-bintik putih kekuningan dan kepala sarinya berwarna ungu. Akarnya yang bercabang-cabang dan berbau harum, berwarna kuning atau jingga dan berserat. 

5.      Mawar
Tumbuhan ini berwarna merah, putih, kuning. Tumbuhan ini mempunyai duri pada tangkainya. Ia juga merupakan bunga yang sering dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang indah. Tumbuhan ini termasuk sebagai tumbuhan dikotil dan mempunyai sistem akar tunggal. Biasanya tumbuhan ini tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Tumbuhan ini banyak manfaatnya antara lain sebagai anti bakteri, anti peradangan, dan sumber Vitamin C. Kelopak bunga ini dapat diproses melalui penyulingan yang menghasilkan minyak sehingga minyak tersebut dapat digunakan sebagai bahan pewangi (parfume).

6.      Kaktus
Tumbuhan ini dapat ditemukan didaerah gurun pasir. Tumbuhan ini memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap tumbuhan  ini  disimpan dalam ruang di batangnya.Tumbuhan  ini juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, tumbuhan ini dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. tumbuhan ini dapat hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis. Pada malam hari, tumbuhan ini membuka stomatanya dan mengambil CO2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung.

7.      Kopi
Tanaman ini tumbuhnya tegak, bercabang, dan bila dibiarkan tumbuh dapan mencapai tinggi 12 m. daunnya bulat telur dengan ujung agak meruncing. daun tumbuh berhadapan pada batang, cabang, dan ranting-rantingnya. Secara alami tanaman memiliki akar tunggang sehingga tidak mudah rebah. Buah terdiri dari daging buah dan biji. Biji ini terdiri dari atas kulit biji bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman yang dicampurkan dengan air panas.

8.      Eceng Gondok
Tumbuhan ini biasanya di temui di pejarangan kali, berwarna hijau dan mempunyai tangkai daun yang menggelembung atau berongga, tangkai daun tersebut berfungsi untuk mengapung di permukaan air.





9.      Putri Malu
Tumbuhan ini menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan / herbivora) yang ingin memakannya Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat karena dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu.



10.  Kantong Semar
Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk seperti piala Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar Tumbuhan paku Pembuahan mutlak memerlukan bantuan air sebagai media spermatozoid berpindah menuju archegonium Ovum yang terbuahi berkembang menjadi zigot, yang pada gilirannya tumbuh menjadi tumbuhan paku baru. Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) juga memiliki daur seperti ini tetapi telah berevolusi lebih jauh sehingga tahap gametofit tidak mandiri Spora yang dihasilkan langsung tumbuh menjadi benang sari atau kantung embrio.




Nama             : Yuan Satyarini
NPM              : 49213520
Kelas             : 1DA01
Mata Kuliah  : Ilmu Alamiah Dasar#
Dosen            : Bpk Iskandar Zulkarnain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar