Laman

Kamis, 10 Oktober 2013

Rencana Hidup




“Merencanakan Masa Depan”

Setiap manusia di dunia ini lahir untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap orang memiliki mimpi dan cita-cita. Seiring dengan proses tumbuh dan perkembangannya, pemikiran manusia akan menjadi lebih kritis dan logis sehingga ia mampu untuk menentukan jalan hidup sesuai dengan cita-citanya. Alangkah baiknya jika seseorang memiliki cita-cita. Apalagi jika ia dapat berpikir jauh ke depan untuk menjalani masa depan. Itu berarti ia sadar akan tujuan hidup sebenarnya dan ia memiliki pendirian yang kuat.
Begitupun dengan saya. Nama saya Yuan Satyarini. Saya adalah seorang perempuan berzodiak Aries. Lahir pada tanggal 25 Maret 1996 di Jakarta. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Tujuan penulisan esai ini adalah untuk memberikan gambaran  mengenai cita-cita dan pencapaian hidup saya di masa yang akan datang. Berikut gambaran pencapaian hidup saya pada masa lalu dan masa depan.

Pencapaian Masa Lalu
No.
Tahun
Cita-Cita/Pencapaian
Keterangan
1.
2000
Pertama kali masuk Sekolah Dasar dengan nilai yang memuaskan
Masuk dalam peringkat 10 besar di kelas.
2.
2001 – 2006
Mampu mempertahankan nilai dengan baik selama di Sekolah Dasar
-
3.
2007
Masuk ke SMP Negeri 131 Jakarta Selatan
Merasa puas karena bisa mendapat SMP Negeri
4.
2008 – 2010
Mampu mempertahankan nilai dengan baik selama di Sekolah Menengah Pertama
-
5.
2010
Masuk ke SMK Setia Negara Depok
Masuk dalam jurusan Administrasi Perkantoran sesuai minat saya.
6.
2011
Mampu mempertahankan nilai dengan baik pada saat semester 1 dan semester 2
Mendapatkan peringkat 1
di kelas dengan nilai
rata-rata > 8,3
7.
2012
Mampu mempertahankan nilai dengan baik pada saat semester 3 dan semester 4
Mendapatkan peringkat 1 di kelas dengan nilai
rata-rata > 8,5.
Mendapatkan nilai tertinggi untuk jurusan Administrasi Perkantoran dari 4 kelas untuk kategori nilai rapor tertinggi pada semester 4
Mendapatkan beasiswa bebas SPP selama 6 bulan.
8.
2012
Mengikuti Lomba Uji Kompetensi Program Administrasi Perkantoran Se Kota Depok Tahun Akademik 2012
Menjadi Juara Harapan 1
9.
2013
Mampu mempertahankan nilai dengan baik pada saat semester 5 dan semester 6
Nilai saya pada semester 5 cukup baik, namun saya tidak lagi menjadi Juara Umum sehingga masa beasiswa bebas SPP pun dicabut.
Pada semester 6, saya ingin sedikit meringankan beban orang tua saya dan saya pun berusaha dan berdoa  supaya mendapat beasiswa bebas SPP selama 6 bulan.
Alhamdulillah, saya berhasil mendapatkan beasiswa itu. J
10.
2013
Lulus SMK dengan nilai yang memuaskan
Nilai rata-rata UN : 8,3
Nilai tertinggi UN kategori Bahasa Inggris : 9,40
Nilai tertinggi UN kategori Kompetensi Keahlian : 9,35
11.
2013
Diterima di Universitas Gunadarma dalam Program Diploma Tiga Direktorat Akuntansi Komputer melalui jalur reguler.
Merasa puas karena usaha saya selama di SMK tidak
sia-sia.


Pencapaian Masa Depan
No.
Tahun
Cita – Cita
Cara Pencapaian
1.
2014
Mendapatkan IPK minimal 3,8 pada akhir semester
Rajin mengerjakan tugas, rajin masuk dalam jadwal perkuliahan, dan belajar dengan baik.
2.
2015
Meningkatkan IPK untuk mempermudah jalan dalam perkuliahan
Rajin mengerjakan tugas, rajin masuk dalam jadwal perkuliahan, dan belajar dengan baik.
3.
2017
Menjadi sarjana Akuntansi Komputer yang baik dan terampil dalam berbagai bidang
Rajin mengerjakan tugas, rajin masuk dalam jadwal perkuliahan, dan belajar dengan baik.
4.
2017
Memanfaatkan title dan skill saya untuk bekerja dalam berbagai bidang, khususnya bidang akuntansi berbasis komputer.
Bekerja keras dan tetap berfikir positif serta terus mengasah kemampuan agar mencapai kesuksesan.
5.
2018
Menciptakan lapangan pekerjaan, dengan cara berwirausaha. Lalu membuat program aplikasi akuntansi  untuk usaha tersebut.
Menciptakan suatu inovasi agar usaha bersaing di dalam pasar.
6.
2020
Membeli tanah dan membangun rumah sebagai rencana untuk menikah.
Bekerja keras demi mendapatkan apa yang saya dan calon suami inginkan sebagai rencana membangun sebuah keluarga.
7.
2021
Menikah dan memiliki anak.
Menikah dengan calon suami saya, seorang pria yang baik dan dapat menjadi imam dalam keluarga.
8.
2022
Memperluas bidang usaha saya.
Membuka cabang baru.
Terus mengembangkan pemikiran dan inovasi. Mengasah kreativitas dalam dunia usaha serta memperdalam ilmu manajemen keuangan agar saya dapat mengelola keuangan keluarga dan keuangan usaha dengan baik.
9.
2026
Menyekolahkan anak-anak saya dan membimbing mereka agar menjadi orang yang kelak berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, dan agama.
Mengmupulkan uang dengan cara yang halal agar dapat menyekolahkan anak-anak sampai mendapatkan title sarjana.
10.
2027
Menyimpan dan menginvestasikan hasil pendapatan demi biaya pendidikan anak dan jaminan hari tua.
Menyimpan uang dan menginvestasikannya di Bank. Mengikuti asuransi untuk jaminan hari tua.
11.
2028
Pergi haji atau umroh bersama keluarga dan orang tua.
Mempergunakan uang hasil kerja keras demi membahagiakan keluarga dan anak-anak saya.
12.
2040
Anak-anak menyelesaikan pendidikannya.
Tetap menabung untuk hari tua.
13.
2043
Menjalani hari tua
Tetap menabung di Bank dan membayar asuransi dan memperhitungkan apa saja keperluan di masa tua, serta menyumbangkan sebagian harta kepada kaum yang membutuhkan.

Mungkin cita-cita dan perencanaan hidup saya di atas belum tentu tercapai. Tetapi sebagai manusia, kita tetap harus berusaha dan berdoa serta tidak mudah menyerah. Ingat, karena keputusasaan hanya akan mengantarkan kita ke dalam kegagalan. Maka hendaknya kita selalu berfikir positif sekalipun kita dalam kegagalan. Karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan segala sesuatu yang terjadi akan terjadi sesuai kehendak Tuhan. Karena Tuhan akan memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. :)

Sumber : Yuan Satyarini (Kehidupan Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar